Resep Cara Membuat Bakso Sapi 500 Gram

Resep Cara Membuat Bakso Sapi 500 Gram

Resep Membuat Bakso Sapi Spesial Kenyal
Resep Membuat Bakso Sapi Spesial Kenyal from cinta-masak.blogspot.com

Bahan-Bahan

Untuk membuat bakso sapi 500 gram ini, kamu akan memerlukan bahan-bahan berikut: 500 gram daging sapi, 2 butir telur, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica, 1/2 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok teh kaldu sapi, 1 sendok makan tepung terigu, 4 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, dan 1/2 sendok makan minyak goreng.

Cara Membuat

Pertama-tama, kamu harus menyemprotkan air dingin pada daging sapi yang sudah dipotong-potong kemudian dihaluskan. Lalu, masukkan bawang putih, bawang merah, garam, merica, kaldu sapi, gula pasir dan minyak goreng ke dalam daging yang sudah dihaluskan. Aduk semua bahan hingga merata. Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan telur kedalam adonan bakso. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya, siapkan loyang dan beri sedikit minyak goreng pada loyang. Lalu, masukkan adonan bakso yang sudah tercampur rata tadi ke dalam loyang. Tegaskan adonan dengan menekan-nekan hingga rata dan menyebar. Lalu, panggang bakso di dalam oven selama 25-30 menit hingga matang. Bakso siap dihidangkan.

Nutrisi

Bakso sapi 500 gram ini mengandung kalori sebanyak 578, protein sebanyak 55,5 gram, lemak sebanyak 27,3 gram, karbohidrat sebanyak 35,7 gram, dan juga kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Tentu saja, kandungan nutrisi ini bervariasi tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Itulah resep dan nutrisi bakso sapi 500 gram yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Tips Membuat Bakso Sapi yang Lezat

Untuk menghasilkan bakso sapi yang lezat, kamu bisa menambahkan kecap manis atau saus tomat untuk menambah rasa. Selain itu, gunakan daging sapi yang segar dan haluskan daging sapi dengan blender hingga menghasilkan tekstur yang halus. Jangan lupa juga untuk mengoleskan sedikit minyak goreng di loyang sebelum memasukkan adonan bakso. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, bakso sapi yang kamu buat pasti akan lezat dan nikmat.

Memanfaatkan Bakso Sapi

Bakso sapi yang telah terbuat bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan. Misalnya, kamu bisa menggunakannya untuk menyajikan bakso sapi goreng. Caranya, panaskan minyak goreng hingga hangat kemudian goreng bakso sapi hingga berwarna keemasan. Selain itu, bakso sapi juga bisa diolah menjadi mie bakso, sop bakso, siomay, bakso kuah, dan banyak lagi. Kamu bisa mengolahnya sesuai selera dan kreativitasmu.

Penyimpanan Bakso Sapi

Setelah membuat bakso sapi, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas selama kurang lebih 3 hari. Namun, jika kamu ingin menyimpan bakso sapi lebih lama, kamu bisa menyimpannya dalam suhu kamar selama kurang lebih 5 hari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan freezer untuk menyimpan bakso sapi, karena bakso sapi bisa disimpan di freezer selama kurang lebih 2 bulan.

Kesimpulan

Itulah resep dan nutrisi bakso sapi 500 gram yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan mengikuti resep dan tips ini, kamu bisa menghasilkan bakso sapi yang lezat dan nikmat. Selain itu, bakso sapi juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis makanan. Namun, jangan lupa untuk menyimpan bakso sapi di dalam kulkas atau freezer, agar bakso sapi bisa disimpan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *