Resep Daging Sapi Bakar Kecap

Resep Daging Sapi Bakar Kecap

Resep Daging Sapi Bakar Bumbu Kecap (Sate) oleh Dapur ELVA Cookpad
Resep Daging Sapi Bakar Bumbu Kecap (Sate) oleh Dapur ELVA Cookpad from cookpad.com

Apa Itu Daging Sapi Bakar Kecap?

Daging sapi bakar kecap adalah masakan tradisional Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Masakan ini berupa daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap dan bumbu-bumbu lainnya. Daging sapi bakar kecap ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Rasa gurihnya berasal dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap, sedangkan rasa manis berasal dari berbagai macam bumbu yang digunakan.

Bahan-Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat daging sapi bakar kecap ini, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut ini: 500 gram daging sapi, 3 sendok makan minyak goreng, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh merica, 1 sendok teh gula pasir, 2 siung bawang putih cincang halus, 1 sendok teh kaldu bubuk, dan 2 sendok makan air. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan alat-alat berikut ini: wajan, pisau, sendok, penggorengan, dan papan pemotong.

Cara Membuat Daging Sapi Bakar Kecap

Pertama-tama, cuci daging sapi dengan air bersih. Kemudian, potong-potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng di atasnya. Masukkan potongan-potongan daging sapi ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga daging sapi tersebut matang. Kemudian, masukkan kecap manis dan bumbu-bumbu lainnya ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata dengan daging sapi. Selanjutnya, masukkan air ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga semua bumbu meresap ke dalam daging sapi. Setelah itu, angkat daging sapi dan tuangkan ke dalam piring saji. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng di dalamnya. Masukkan daging sapi yang telah disiapkan ke dalam penggorengan dan goreng hingga matang. Setelah matang, angkat daging sapi dan tuangkan ke dalam piring saji. Daging sapi bakar kecap siap untuk disajikan.

Nutrisi yang Terkandung di Dalam Daging Sapi Bakar Kecap

Daging sapi bakar kecap ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi tubuh. Daging sapi bakar kecap mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 250 kalori per porsi. Selain itu, daging sapi bakar kecap juga mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 12,6 gram per porsi. Protein yang terkandung di dalam daging sapi bakar kecap ini dapat membantu tubuh untuk membangun jaringan otot dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, daging sapi bakar kecap juga mengandung lemak, yaitu sekitar 7,3 gram per porsi. Lemak yang terkandung di dalam daging sapi bakar kecap ini dapat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, daging sapi bakar kecap juga mengandung karbohidrat, yaitu sekitar 2,1 gram per porsi. Karbohidrat yang terkandung di dalam daging sapi bakar kecap ini dapat membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Manfaat Daging Sapi Bakar Kecap

Selain memiliki kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi tubuh, daging sapi bakar kecap juga memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satu manfaat daging sapi bakar kecap adalah dapat membantu memelihara kesehatan tulang. Daging sapi bakar kecap mengandung zat besi, protein, dan vitamin B12 yang dapat membantu memelihara kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, daging sapi bakar kecap juga dapat membantu mencegah anemia. Daging sapi bakar kecap mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh dan mengurangi risiko anemia.

Kesimpulan

Daging sapi bakar kecap adalah masakan tradisional Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat. Masakan ini dibuat dengan menggunakan daging sapi, bumbu-bumbu seperti kecap, garam, merica, gula, bawang putih, dan kaldu bubuk. Daging sapi bakar kecap ini memiliki rasa gurih dan manis. Selain itu, daging sapi bakar kecap juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup bermanfaat bagi tubuh, seperti kalori, protein, lemak, dan karbohidrat. Daging sapi bakar kecap juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memelihara kesehatan tulang dan mencegah anemia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *