Resep Tulang Sapi Masak Asam: Nikmat Dan Juicy!

Resep Tulang Sapi Masak Asam: Nikmat Dan Juicy!

Resep Asemasem Iga Sapi, Kreasi Masak Tulang
Resep Asemasem Iga Sapi, Kreasi Masak Tulang from superapps.kompas.com

Tulang sapi merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh orang-orang. Mengapa demikian? Hal ini karena tulang sapi memiliki rasa yang sangat lezat dan juicy. Selain itu, banyak orang yang juga menyukai karena tulang sapi juga kaya akan kandungan gizi. Jadi, jika Anda ingin makan sesuatu yang lezat dan sehat, tulang sapi masak asam adalah pilihan yang tepat. Berikut adalah resep dan cara memasaknya.

Bahan-Bahan:

  • 1 kilogram tulang sapi
  • 200 gram cabe rawit (sesuai selera)
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, parut
  • 3 buah tomat, iris dadu
  • 3 buah bawang merah, iris dadu
  • 2 buah bawang putih, iris dadu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam dan merica secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

Untuk membuat tulang sapi masak asam, pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kemudian, panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit hingga harum. Setelah itu, tambahkan tomat dan serai yang telah diparut ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan tulang sapi dan tuangkan air secukupnya. Biarkan hingga air mendidih dan masukkan bumbu-bumbu lainnya seperti jeruk nipis, kecap manis, gula pasir, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam tulang sapi.

Tulang sapi masak asam siap untuk disajikan. Kombinasi rasa asam, manis, dan gurih dari bumbu-bumbu tersebut akan membuat tulang sapi Anda menjadi semakin lezat dan juicy. Anda dapat menyajikannya dengan nasi hangat atau berbagai macam lauk lainnya. Jika Anda menyukai tulang sapi yang lebih gurih dan lezat, Anda dapat menambahkan bawang goreng di atasnya. Selamat mencoba!

Kandungan Gizi:

Tulang sapi merupakan sumber protein yang sangat baik. Selain itu, tulang sapi juga kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan natrium. Bahkan, tulang sapi juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B12, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan berkualitas, resep tulang sapi masak asam adalah pilihan yang tepat.

Cara Menyimpan dan Menyajikan:

Setelah Anda selesai memasak tulang sapi masak asam, Anda dapat menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas. Jika Anda ingin makan sesuatu yang lezat dan sehat, Anda bisa menyajikan tulang sapi masak asam dengan nasi hangat atau berbagai macam lauk lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bawang goreng di atasnya untuk memberikan rasa gurih dan lezat tambahan. Anda dapat menikmati hidangan ini dengan segenggam anggur atau jus jeruk untuk menyeimbangkan rasa asamnya.

Perhatian:

Meskipun tulang sapi sangat bergizi dan berkualitas, terlalu banyak mengonsumsinya dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Jadi, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi tulang sapi dalam jumlah terbatas. Selain itu, pastikan Anda mencuci bersih tulang sapi sebelum Anda memasaknya agar Anda terhindar dari bakteri atau kuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Kesimpulan:

Itulah resep dan cara membuat tulang sapi masak asam. Tantangan terbesar dalam memasak makanan ini adalah mengontrol jumlah air yang digunakan. Jika Anda menggunakan terlalu banyak air, maka tulang sapi akan terlalu empuk dan rasanya akan terlalu lemah. Sebaliknya, jika Anda menggunakan terlalu sedikit air, maka tulang sapi akan terlalu kering dan rasanya akan terlalu berasa. Jadi, pastikan Anda menggunakan jumlah air yang tepat agar Anda bisa menikmati tulang sapi masak asam yang lezat dan juicy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *